Sensor Kecepatan

Sensor kecepatan yang digunakan ini adalah enkoder. Output enkoder berupa sinyal pulsa yang frekuensinya berbanding lurus dengan kecepatan motor, agar data kecepatan dapat dibaca oleh ADC mikrokontroller, maka output encoder terlebih dahulu harus dikonversi menjadi tegangan. Oleh karena itu ouput encoder dihubungkan ke rangkaian FtoV (frekuensi ke tegangan) dimana rangkaian ini akan mengubah besaran frekuensi (sinyal dari encoder) yang masuk menjadi besaran tegangan yang dalam hal ini digunakan sebagai umpan balik dari kecepatan motor. Adapun rangkaian encoder dapat dilihat sebagai berikut :

Gambar 1. Rangkaian encoder

Pada rangkaian ini IC yang dipakai adalah LM2917 ,dimana input didapat dari pulsa output encoder. Rangkaian F to V dapat dilihat pada gbr dibawah ini :

Gambar 2. Rangkaian F to V

Voutput  yang diinginkan pada saat motor berputar dengan kecepatan maksimum yaitu 5,1V. Melalui pengukuran yang dilakukan terhadap motor DC, didapatkan frekuensi keluaran dari enkoder pada kecepatan maksimum adalah 4348 HZ. Nilai tegangan pada Vo1 saat motor berputar dengan kecepatan maksimum ditentukan 2,1V. untuk mendapatkan Vo1 tersebut diperlukan kombinasi R1 dan C1.

1 ditentukan 10 nF sehingga R1 dapat dicari dengan rumus:

Vcc = 12V

K = 1 (ideal)

 

 

 

 

 

 

 

Dengan menggunakan VR 100 Kohm dapat diperoleh nilai nilai R1 sesuai dengan perhitungan di atas. Selanjutnya Vo1 kemudian dikuatkan dengan penguat Non Inverting untuk mendapatkan Voutput 5,1V pada saat kecepatan maksimum. Karena nilai tegangan Vo1 pada saat kecepatan maksimum adalah  2,1 V, maka jika ditentukan nilai Rin adalah 10 Kohm, Rf dapat dicari dengan rumus :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan menggunakan VR 100 Kohm, maka Rf dapat di-setting sampai mendapatkan nilai 14200 ohm sehingga Voutput dapat diperoleh sesuai dengan yang dinginkan.

 

Comments
6 Responses to “Sensor Kecepatan”
  1. electric vehicle says:

    mas mw tanya nih, ada g rangkaian konverter dari sebuah duty cycle dari suatu prekuensi diubah ke tegangan?
    kalo ada tolong kirimin donks ke fwzybernadado@ymail.com

    • Aang Junaidi says:

      Thanks sudah tanya…

      Untuk rangkaian ini ada,klo gak salah nama rangkaiannya F to V yaitu frekuensi to voltage.

  2. ito says:

    bang.. ni bisa di jelasin cara kerjanya alatnya ga..??
    trus gimana proses alat ini bisa baca kecepatan..??

  3. yusuf says:

    mas saya dah coba rangkaian ini di simulasi proteus, tapi encodernya saya ganti pake anstable multivibrator, waktu di run jalan tapi output berupa tegangannya naik terus sampe mentok, n waktu diganti kapasitornya (nilainya) masih sama, itu kenapa ya mas, mhon pencerannya

    terima kasih

  4. Deki andra says:

    mas saya mau nanya saya mau mendeteksi frekuensi generator dengan lm2917berbasis plc gmna mas

    • Aang Junaidi says:

      PLCnya PLC apa?klo baca frekuensi yang berupa pulse,kmu harus cari referensi cara menggunakan High Speed Counter (HSC) di PLC..!

Leave a comment